Hati hati dengan Perawatan Wajah

 Perawatan kulit menjadi hal yang penting bagi wanita. Tidak heran begitu banyak informasi berkaitan dengan bagaimana perawatan kulit sebaiknya dilakukan. Hanya saja, tak semua informasi tersebut benar.Berikut adalah beberapa kesalahpahaman yang patut diwaspadai:
1 – SPF tinggi berarti memberikan perlindungan lebih baik
Tabir surya dengan SPF tinggi (lebih mahal), umumnya dianggap lebih efektif. Ternyata bukan begitu fakta sebenarnya.
Tabir surya yang lebih tinggi dari SPF 30 memberikan tingkat perlindungan yang hampir sama dengan SPF 30.
Yang anda butuhkan hanyalah SPF 30 untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Pastikan untuk memakai ulang tiap 2-4 jam.
2 – Komedo muncul akibat pori-pori yang kotor
Komedo disebabkan oleh akumulasi sebum (minyak) dalam folikel kulit dan bukan karena kotoran. Sebum bercampur dengan keratin, komponen protein pada kulit di dalam folikel.
Ketika campuran ini teroksidasi oleh udara munculah titik hitam yang disebut komedo.
Anda dapat menggunakan produk perawatan jerawat yang mengandung asam salisilat untuk menyingkirkan komedo.
3 – Solusi untuk kulit berminyak adalah produk untuk kulit kering
Anda tidak dapat mengubah jenis kulit Anda. Kulit berminyak tidak bisa berubah menjadi kulit kering tidak peduli seberapa banyak produk kulit kering yang Anda gunakan.
Jenis kulit ditentukan oleh fisiologi alami tubuh dan itu tidak bisa diubah.
Sebaliknya, jika Anda menggunakan produk pengering, kulit justru akan menghasilkan minyak lebih banyak untuk mengompensasi kurangnya kelembaban.
4 – Kulit bersisik adalah tanda kulit kering
Kulit bersisik timbul akibat sel-sel kulit yang mulai mengelupas. Sama seperti kulit dehidrasi kekurangan air, kulit kering kekurangan minyak.
Untuk mencegah kulit bersisik gunakan produk perawatan kulit yang kaya akan bahan seperti asam hyaluronic, asam laktat dan humectants.
5 – Kemasan produk perawatan kulit tidak mempengaruhi kualitas isinya
Kemasan produk perawatan kulit memiliki kualitas yang berbeda. Kemasan yang kurang baik akan membuat produk teroksidasi oleh udara sehingga menurunkan mutunya. Pilihlah produk perawatan dengan kemasan yang kuat dan rapat.
6 – Antioksidan adalah formula rahasia dari komposisi produk anti aging
Tidak ada keraguan bahwa antioksidan adalah bahan perawatan kulit yang luar biasa. Tapi tidak berarti antioksidan menjadi semacam formula ajaib.
Antioksidan berfungsi membantu menetralisir kerusakan pada sel-sel kulit sehingga menunda munculnya tanda-tanda penuaan.
Namun, banyak antioksidan yang tidak stabil, sehingga mengurangi khasiatnya pada kulit Anda. Meskipun antioksidan dapat menunda penuaan namun tetap produk ini tidak dapat mengembalikan kulit yang sudah keriput.
7 – Semua alkohol buruk untuk kulit
Meskipun pada umumnya alkohol harus dihindari, ada alkohol tertentu yang digunakan sebagai pelembab yang bermanfaat bagi kulit. Contohnya, setil alkohol, benzil alkohol, alkohol oleil dan lain-lain.
8 – Bahan pengawet dalam produk perawatan kulit selalu berbahaya
Paraben menjadi campuran dalam produk perawatan kulit dan dapat mencegah pertumbuhan bakteri sehingga memperpanjang masa simpan.
Paraben dikhawatirkan bersifat karsinogenik. Akan tetapi FDA (BPPOM Amerika) masih menganggap paraben aman.
Anda hanya perlu memastikan produk kecantikan yang dipilih tidak mengandung paraben yang terlalu tinggi.
9 – SPF pada kosmetik sudah cukup
Meskipun kosmetik dengan SPF merupakan produk yang bagus, tapi tetap tidak dapat menggantikan tabir surya.
Meskipun telah menggunakan kosmetik dengan SPF, Anda masih memerlukan tabir surya agar terlindung dari sinar matahari.[]

Produk yang direkomendasikan
Purederm Face Care